25 Februari 2015

Poipet – Aranyaprathet : Melintas Batas Dengan Mobil Bak Terbuka

Tiga hari sudah waktu saya habiskan di Siem Reap dan total enam hari saya singgah di Kamboja. Rencananya pagi ini saya menuju Poipet untuk menyeberang ke Thailand dan menuju ke ibukota-nya, Bangkok.



Perjalanan Siem Reap ke Poipet dari informasi yang saya dapat memakan waktu hingga 6 jam perjalanan darat, jadi menggunakakan bus adalah pilihan paling jitu jika kita punya budget yang mepet. Atau kalo budget anda berlebih bisa memilih pesawat yang membutuhkan waktu sekitar 1 jam. 13 dolar harga normal untuk sleeper bus ke Bangkok. Untuk jadwal saya memilih waktu paling akhir, yaitu pukul 2 dini hari, yang pastinya akan mengirit anggaran nginep semalam. Satu lagi, kantor imigrasi kedua negara buka mulai pukul 8 pagi, jadi berangkat dari Siem Reap siang, bisa-bisa kita akan menginap semalam di emperan kantor imigraasi yang jauh dari kata representative untuk tidur atau sekedar rebahan… he4


Tepat jam 2 dini hari bus mulai melaju menuju Bangkok dari Siem Reap. Baru 15 menit bus jalan, dari yang tadinya ramai dengan obrolan tiba-tiba seisi bus yang berisi manusia bermacam ras ini pun terlelap tanpa ada suara.  He4, maklum , pelancong yang rata-rata backpacker ini pasti kelelahan, otomatis saya pun ikut tidur sudah berat rasanya mata ini.
Jam 8-an pagi, bus mendarat di depan Kantor Imigrasi Poipet dan kita langsung menuju ke dalam untuk cap-cap gituan. Turun dari bus, kita bakalan di tempelin plester merah, katanya buat penjemputan setelah dari kantor imigrasi, so… okelah. Setelah berada di dalam kantor, tepatnya emperan ternyata prosesnya ga ribet kok, ga perlu pake foto 4x6 atau 3x4 yang sering dibicarakan backpacker di forum-forum, walaupun kantornya ala kadarnya, tetapi sudah terdigitalisasi. Cuma passport doang yang dicek di mari. Habis dari kantor imigrasi Poipet, kita langsung menyeberang ke kota sebelah yang udah masuk wilayah Kerajaan Thailand. Ga jauh kok kotanya, hanya sekitar 4 atau 5 km dari Poipet.


Saya kira bus yang tadi mengantar kita bakalan nerusin perjalanan, eh busyet dah… ternyata kita harus naik mobil bak terbuka (pick up) menuju ke Imigrasi Aranyaprathet. Mereka (awak mobil) bilang ini hanya sementara, begitu kita keluar dari imigrasi Thailand kendaraan bakalan diganti kok.  
Setelah masuk Thailand suasana bakalan 180 derajad dari Kamboja, keadaan jalan, gedung pemerintahan dan fasilitas jauh lebih baik di sini. Proses imigrasi di Aranyaprathet mengular karena antrian berjejal. Hanya 3 loket yang dibuka, praktis ratusan pelintas batas harus rela ngantri panjang demi mengurus visa. Tapi, inilah spesialnya kita warga Indonesia kita melaju lebih cepat karena tak perlu mengurus Visa lagi, gratis-tis kok masuk Thailad. Kita hanya perlu mengisi blangko tentang nama, alamat tujuan dan lain-lain yang sudah biasa kita isi. Setalah mengisi blangko imigrasi dari cap passport, kita langsung dah keluar kantor. Tapi busyet lagi… kita dipaksa lagi naik pick up menuju ke terminal bus yang bakal mengantar kita ke Bangkok. Jadi dah nambah item…he4
15 menit kita jalan, akhirnya kita udah sampai di terminal Aranyaprathet, terminal kecil yang ga ada busnya… kita diminta turun dan menunggu bus jemputan menuju ke Bangkok, ga lama sih, setengah jam nunggu akhirnya mobil kita datang, iya mobil bukan bus. Jadi menuju ke Bangkok akan diteruskan dengan mobil minibus (van) kalo di Indonesia sangat familiar dengan merek “elf”. Yah gitu, wah kaco ni, kita bakalan kesulitan “selonjor” atau meluruskan kaki, bisa juga dipastikan bakalan desak-desakan karena selain penumpang kita pasti penuh dengan barang bawaan.. . so… selamat berhimpit-himpit ria… :-p. Tapi asyik kok, dengan keadaan seperti ini kita bakal ngerasa lebih puas dan berkesan, karena ada sedikit “derita” yang harus kita rasakan… he4

Ya udah, walaupun keadaan sangat menyiksa, tapi kalo hati kita tenang, kita tetep bisa menikmati perjalanan. Nah saya sampai tertidur dan bangun ketika transit di sebuah pom bensin di kota antah berantah, saya ga tau lokasi kita sekarang. Kata pak sopir, transit sekitar setengah jam, waktu yang cukup lama, saya keluar mau ngisi perut, dan Alhamdulillah, saya nemu SevenEleven, langsung deh saya cari makanan, tapi walaupun di tempat familiyar begitu, cari barang halal juga masih susah. Nah saya dapet beberapa barang halal nih, 1 botol air mineral, roti tawar dan biskuit merek Malaysia, ya udah belanja habis 50 baht atau 30 ribu, maklum dari pagi perut belum diisi. Nah satu lagi, karena muter sana ke mari saya g nemu masjid, saya putuskan sholat di ujung emperan sevel yang lumayan sepi. Yah darurat ga masalah. Jam 1 siang, perjalanan dilanjutkan kembali menuju Bangkok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan tinggalkan komentar anda, bila tidak memiliki akun, bisa menggunakan anonim...