9 November 2013

MEMBERSIHKAN NODA MEMBANDEL PADA LANTAI KERAMIK ATAU PERABOTAN PORSELEN


Membersihkan lantai atau perabotan merupakan pekerjaan rutin yang sering kita lakukan hampir setiap minggu. Bahkan kalo kegiatan bersih-bersih adalah pekerjaan kita, maka bisa dipastikan itu kita laksanakan setiap hari. 


Namun pernahkan anda menemui kasus , kendati lantai sudah kita bersihkan berulang-ulang bahkan dengan sikat, namun tetap saja ada noda yang masih menempel dan tertinggal di lantai. Kasus seperti ini pasti membuat kita kesal.
Kekesalan itu akan berujung penggunaan alat yang tidak sesuai dengan peruntukannya. Misal kita korek pakai pisau, pake sendok atau bahkan pakai obeng. Resiko bahan keramik dan porselen yang mahal tergores sangatlah tinggi. Tentu itu akan menambah kesal bukan? Ha4
Eits, santai sajalah, semua ada jalan keluarnya.
Untuk kotoran-kotoran yang menempel dan membandel pada lantai, biasanya didapat dari cat, makanan berlemak. Untuk noda-noda semacam ini ikuti langkah berikut :
1. Basahi permukaan dengan air hangat yang dicampur dengan detergen.
2. Gosok pelan-pelan dengan sikat halus (paling cocok dengan sikat gigi bekas)
3. Dan siram dengan air dingin. 

Untuk kotoran yang levelnya lebih sulit lagi, semisal kerak yang lama tidak tersentuh atau juga yang menempel di bak dan dinding kamar mandi, boleh mengikuti saran saya :
1. Gosok kerak dengan amplas yang paling halus, beli di toko besi. Biasanya bisa beli dengan ukuran permeter. Tenang saja, murah. Hanya 4ribuan permeter
2. Kemudian tetesi dengan asam klorida pada bagian kerak. Asam klorida (HCl) adalah asam yang cukup kuat sehingga disarankan memakai sarung tangan plastic atau karet. HCl juga bisa di beli di toko besi, juga murah sekitar 10 ribu perliter.



3. kan muncul busa putih saat reaksi terjadi, itu wajar kok.
4. Tunggu beberapa saat hingga HCl berhenti bereaksi biasanya tidak lagi muncul lagi busa.
5. Setelah itu baru deh disiram pake air, in sha Alloh noda membandel hilang dan keramik akan kembali seperti sedia kala.
Selamat mencoba…

4 komentar:

  1. tips yang cocok nih untuk Menjaga Rumah Tetap Sehat Dan Bersih.
    Agar selalu nyaman tinggal di rumah dan anggota keluarga terbebas dari serangan penyakit.

    BalasHapus
  2. kalau pakai cairan pembersih aja emang suka ga cukup, makasih infonya!

    BalasHapus
  3. sama-sama, semoga bermanfaar...

    BalasHapus

silakan tinggalkan komentar anda, bila tidak memiliki akun, bisa menggunakan anonim...