31 Oktober 2013

Berkelana di Jambi Part 1 : Perjalanan Jakarta-Jambi

Rencana backpacker ke Pulau Sumatera akhirnya tercapai juga. Kali ini diriku dapat kesempatan mengunjungi Jambi yang terkenal dengan Candi Muaro Jambi. Bangunan yang kabarnya bakal menggeser eksistensi Ankor Wat di Kamboja untuk menjadi kompleks candi terbesar di dunia (dibahas di halaman lain blog ini).

Eits, sebelum memulai membahas tentang Muaro Jambi, tak afdol rasanya kalo g menceritain perjalanan dari rumah ke Jambi dong ya…he4. Seperti yang kaum BP senangi tentu saja semua akomodasi adalah yang termurah dan tercepat, maka sebaiknya memang perjalanan di rencanakan jauh hari sebelum pelaksanaan. Dengan kalkulasi yang baik, pastinya selain akan mengirit biaya juga pastinya akan mengoptimalkan perjalanan, tul ga tu? Rencana sih 3 hari di Jambi, Senin sampai Rabu pasti dengan alasan selain murah tiket juga penginapan lengang.

Perjalanan di mulai dari Depok menuju ke Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta kira-kira membutuhkan waktu 90 menit. Kebetulan saya naik motor jadi bisa cepet dan nyalip-nyalip. He4.  Selain itu di Soetta ada kok parkir motor, dan tarifnya itu lho… 2000 perak men sekali parkir mau 1 atau 3 hari parkir bayarnya sama… mantap kan?
Saya berangkat dari rumah hari Senin sekitar pukul 04.30 (habis shubuh) menuju bandara. Saya memilih penerbangan yang paling pagi yaitu pukul 07.00, karena alasan promo juga. Penerbangan yang paling ramai memang pukul 8-15… itu tiketnya bisa dua kali lipat. Saya menggunakan Lion Air kelas ekonomi. Tiket Jakarta ke Jambi seharga 335 ribu (promo) kalo harga normal 500an. Check in pagi ternyata ramai juga, saya ngantri nyampek 30 menit, waduh.. untung datangnya g mepet banget jadi masih ada waktu 15 menit buat jalan ke gate.
Pesawat berangkat pukul 07.00 tepat dan dan nyampek di Jambi pukul 08.30, jadi penerbangan memakan waktu 90 menit. Dalam pesawat saya menghabiskan waktu dengan tidur, maklum jam 3 udah bangun buat pengecekan barang bawaan dan buat sarapan…, eh tiba-tiba pukul setengah 9 saya dibangunkan mbak Pramugari untuk persiapan mendarat. Wah perjalanan tak terasa…

Pukul 08.30 tepat pesawat mendarat di Bandara Sultan Thaha. On time  Lion Air. Image kelas ekonomi tidak mengurangi profesionalisme awak kabin. Saya rasa pelayanan Lion Air cukup memuaskan dari Pramugari dan Pramugaranya juga oke… siplah, ga kapok pake Lion Air.

Ketika masuk terminal bandara Sultan Thaha, kesan kebersihan yang terjaga terasa, memang bandara di Jambi ini kecil, tapi sibuknya bukan maen. Hampir tiap setengah jam ada saja pesawat yang lepas landas maupun mendarat. Bandara ini berada di tengah kota Jambi, jadi tidak perlu khawatir soal kendaraan dari atau ke bandara, dijamin 24 jam tersedia.
Keluar dari bandara, tawaran dari supir taksi dan ojek banyak berdatangan, taksi dari bandara ke kota berkisar 100 ribu rupiah, sedang ojek 50 ribu. Tapi buat yang anggaranya mepet, naik angkot ada kok warna merah, yang tiap 5 menit lewat, ke pusat kota jambi ditempuh dengan angkot sekitar 15 menit dan cukup bayar 3000 rupiah saja… murah bukan, jadi tak perlu risau untuk naik taksi dah…
Turun di terminal angkot kota Jambi, saya segera menuju  penginapan yang telah saya pesan di Jambi (dengan jalan kaki). Dari info temen sesame BP atau dari internet, yang paling murah di kota Jambi adalah 100-200an ribu. Yang saya pilih adalah Hotel Fortuna yang single ekonomi dengan harga 170ribu permalam, mahal juga yah… habisnya g ada yang lebih murah sih, ini juga yang paling murah yang saya dapat… ga pa2lah, Cuma dua hari doang. Praktis sebagai besar dana di Jambi habis buat Hotel… (tepok jidat). Pertimbangan laen yang saya gunakan kenapa memilih hotel ini adalah karena letaknya yang berada di pusat kota Jambi sehingga akan menghemat biaya perjalanan menuju tempat-tempat wisata. Selain itu, hotel ini hanya 200 meter dari pasar kota Jambi, oleh2 pun dengan mudah dapat di beli dan tentu saja, makan dengan harga miring dengan mudah ditemui. Haduh capek sudah. Saya putuskan untuk istirahat dan melanjutkan untuk berkeliling kota jambi di siang harinya.