8 November 2017

KISAH MALANG MEDUSA


Siapa yang tak kenal Medusa dalam mitologi Yunani? Seorang wanita yang dikutuk memiliki rambut ular ini dahulunya adalah seorang yang cantik, cerdas dan memiliki suara yang sangat indah.
Dahulu kala, di perpustakaan Athena, yang berada pinggir laut tinggal seorang perempuan bernama Medusa. Medusa ini adalah pecinta buku, maka ia sering duduk-duduk di samping perpustakaan Athena yang berada di pinggir Laut Tengah. Suatu hari, Medusa berenang dengan mengenakan pakaian bikini di pinggir pantai. Setengah jam dia berenang, kemudian istirahat dan membaca, namun tiba-tiba dari arah laut ada gelombang besar. Lalu munculah makhluk laki-laki, berotot, sempurna, six pack. Dan laki-laki itu tertarik dengan siluete/ bayangan (karena sudah senja) dari Medusa.


(Sumber Gambar : https://www.thinglink.com/scene/632843898821017600)

Naluri laki-laki itu berkata perempuan itu sendirian, pake bikini, di pinggir laut artinya minta disetubuhi. Dan akhirnya sosok lelaki itu yang tak lain adalah Neptunus (Poseidon) sang Dewa laut memperkosa Medusa. Medusa murka dan protes kepada Neptunus, dan Neptunus beralasan  bahwa Medusa sedang membaca buku romance dan pasti terangsang dengan bacaan yang ada di buku itu maka wajar kalo Neptunus memperkosa untuk memenuhi birahi Medusa.
Karena tak terima diperkosa, Medusa kemudian lapor kepada penyidik Athena. Ternyata penyidik ini, juga merupakan walikota dari kota Athena yang bernama Paris Athena yang juga merupakan seorang perempuan. Kemudian sang Paris Athena mengatakan bahwa tidak mungkin Neptunus memperkosa Medusa, pasti Medusa-lah yang menggoda atau merangsang Neptunus. Maka jatuhlah vonis kepada Medusa, bahwa Medusa telah melanggar aturan hukum Athena dengan menggoda Neptunus sang dewa laut dengan menampilkan penampilan yang merangsang dan memancing perkosaan.
Kemudian Medusa dihukum, dan hukumannya begitu mengerikan. Medusa seorang wanita yang sangat cantik, pintar, suaranya sangat merdu, yang dulunya rambutnya ikal kemudian dikutuk menjadi wanita berambut ular. Medusa disiksa karena telah menggoda laki-laki.
Tak Cuma kepalanya dikutuk ditumbuhi ular, matanya yang sayu yang menjadi sumber kemaksiatan, dikutuk oleh Paris Athena menjadi sumur api. Sehingga ketika Medusa melihat laki-laki, maka seketika laki-laki itu akan berubah menjadi arang karena terbakar. Sehingga seluruh lelaki Athena ketakutan dan menghindari tatapan mata dari Medusa. Sehingga Medusa menjadi sebuah kepanikan di Athena. Sehingga sejak saat itu, Medusa dikenal sebagai Monster Kota Athena.
Kemudian dicari cara untuk melenyapkan Medusa. Namun tak satu laki-laki pun yang berani menghadapi Medusa. Kemudian, ditemukanlah seorang pahlawan bernama Parseus yang merupakan komandakan pasukan Athena. Parseus diperintahkan untuk membunuh Medusa. Saat mencoba membunuh Medusa, Parseus berkali-kali hampir terkena sorot mata Medusa.
Karena gagal berkali-kali, suatu waktu Parseus mengintip Medusa saat sedang tidur, ternyata Medusa ketika akan tidur melepas matanya supaya bisa tidur dengan nyenyak. Maka saat itulah, saat Medusa tidur Parseus memenggal kepala Medusa. Kemudian dari genangan darah Medusa, muncul sesosok kuda kecil yang memiliki sayab yang dikenal sebagai Pegasus. Dan Pegasus adalah dewa Kebudayaan.

1 komentar:

silakan tinggalkan komentar anda, bila tidak memiliki akun, bisa menggunakan anonim...