21 September 2009

KEBERHASILAN RAMADHAN

Ramadhan bulan penuh rahmat dan magfiroh telah meninggalkan kita semua. Sedih rasanya atmosfir ibadah yang begitu kental meningggalkan kita semua. Ada keraguan, akankan kita bertemu Ramadhan yang akan datang? akankah kita masih diberi kesempatan oleh Alloh untuk menikmati ramadhan berikutnya?
Jauh dari itu, kita sebaiknya menginstropeksi diri kita bagaimana Ramadhan yang telah kita jalankan, Apakah hanya mendapat lapar dahaga? atukah yang diinginkan Alloh dalam Al-Qur'an bahwa kita menjadi umatnya yang bertaqwa. Rasanya kita perlu mencatat kebaikan dan keburukan yang telah kita lakukan selama bulan ramadhan agar kita tahu sejauh mana kita berusaha.
Namun ada cara singkat untuk mengetahui apakah ramadhan kita berhasil atau tidak. Ini dilihat Pasca Ramadhan.
1. Adanya peningkatan kuantitas dan kualitas ibadah;
Ini indikator yang teramat penting, kalo boleh dikatakan nomer wahid soalnya indikator ketaqwaan adalah ibadah. Peningkatan disini boleh dikatakan adalah peningkatan sebelum dan sesudah ramadhan. Misal kita sholatnya sering bolong, maka setelah ramadhan sudah ga lagi, trus bila dulunya ga sering jamaah dimasjid kini seneng, penting ni bagi cewek2 yang dulunya masih seneng mengumbar aurat sekarang berpakaian rapi alhamdulillah pakai kerudung dan lebih bagus lagi jilbab (numun sewu=yang sar'i sesuai di Qur'an)
2. Adanya rasa kedekatan dengan Alloh;
Tentu seorang yang "pedekate' dengan Alloh saat ramadhan akan merasa rindu dan dekat dengan-Nya bila Ramadhanya sukses. Ini tergantung diri masing-masing, karena dalamnya perasaan sulit ditakar, tapi menurut Rosul orang yang beriman tu bila mendengar firman Alloh, bergetar hatinya... sudahkan kita seperti itu?
Mungkin kita perlu mengaca lagi bagaimana ramadhan kita berhasil, tenang belum terlambat, biar ramadhan kita berhasil mari kita tingkatkan kualitas ibadah dan keimanan kita pasca ramadhan. InsyaAlloh, bila ada usaha pasti ada jalan.
Tak lupa Minal aidzin walo faidzin, bila ada kata2 fendi yang menyinggung mohon maaf ya... Selamat hari Raya Idul Fitri 1430H Wassalam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan tinggalkan komentar anda, bila tidak memiliki akun, bisa menggunakan anonim...