14 Januari 2010

Pemkab Sragen Anggarkan hanya 25 juta untuk Pramuka


Lagi-lagi pendidikan dikorbankan untuk kepentingan politis sesaat, inilah yang penulis lihat ketika Dewan Perwakilan Daerah memberikan anggaran 25 juta untuk kegiatan Pramuka selama kurun waktu 1 tahun. Tentu ini dirasa sangat berat, coba kita kalkulasi sederhana: Sragen memiliki 20 kecamatan artinya 25 juta harus dibagi kepada masing-masing kecamatan. Setelah itu sisanya digunakan untuk kepentingan kegiatan sehari-hari sanggar bakti Pramuka seperti listrik PDAM dan pajak selama 1 tahun. Itupun anggaran masih dipotong pajak untuk pemasukan daerah. Sungguh ironis, jika Presiden menggembar-gemborkan pendidikan patriotisme demi NKRI, justru satu-satunya pendidikan kepanduan yang diakui dianak tirikan. Kalah dengan bidang lain yang notabene belum jelas juntrunganya.
Inikah potret perhatian pemerintah kita terhadap pendidikan, bandingkan dengan Banyumas yang menganggarkan 500 juta dan tetangga terdekat karangayar yang mencapai 300 juta, tentu tidak dapat dibandingkan.
Namun semua itu tidaklah menjadi semangat kepanduan kita menjadi lemah, disinilah tuntutan kita sebenarnya. Berusaha Swadaya dan mengumpulkan segenap tenaga demi republik tercinta. Kegiatan harus tetap jalan, pendidikan kepanduan takan surut atau padam. Walaupun tertatih-tatih dengan dana yang minim takan mampu mengurangi kualitas dan semangat kita.
Kadang saya merindukan masa keemasan Gerakan Pramuka, diperhatikan dan diayomi selayaknya organisasi yang telah berjasa melahirkan banyak pemimpin bangsa. Ya Alloh, kuatkan jiwa kami dan semangat kami... Jayalah Pramuka Indonesia, Jayalah wira karya Sakti...

2 komentar:

  1. saya sebenarnya juga heran, seharusnya pengembangan Pramuka diutamakan ditengah ancaman dis integrasi bangsa... tapi saya salut ma anak pramuka...

    BalasHapus
  2. bitul-bitul mesa`ke. itulah bahasa politikus, poli =banyak, tikus ya tikus, jadi omongan yg banyak meniru watak tikus. Hidup generasi penerus Pramuka !

    BalasHapus

silakan tinggalkan komentar anda, bila tidak memiliki akun, bisa menggunakan anonim...