3 September 2018

SYUKUR ATAU BAHAGIA ?


Sungguh pertanyaan yang sebagian orang anggap bertele – tele, hal yang tak perlu dijawab. Bahagia dan syukur kan urusan hati. Tak perlu ditanya, dan sulit membedakannya.

Iya, harus diakui “syukur” atau “bahagia” ini secara implisit sangat sulit dibedakan, oke mungkin kita bisa mendefinisikan dengan kata-kata. Tapi bagaimana membedakanya dengan rasa? Bahagia itu keadaan, jadi bahagia adalah kata benda. Keadaan yang menjelaskan perasaan senang dan tenteram, mungkin ini definisi yang paling mewakili.



Kadang kita sendiri, bingung untuk menjawab pertanyaan “apakah kamu bahagia”? Terus mungkin dijawab, “iya aku bahagia”. Ukuranya apa?  Ternyata bahagia itu hanya pilihan, bukannya dapat diukur, hanya diri kita sendiri yang tahu.

Mungkin tak perlu meributkan kata “bahagia”. Itu kan hak prerogative, karena pilihan pribadi.
Aku lebih memilih “bersyukur”, kata ini lebih representatif. Bersyukur lebih kepada berterima kasih atas hal – hal yang didapat, berusaha menerima apa yang sudah digariskan. Berusaha menjalani takdir dengan sekuat tenaga.

Mungkin saja apa yang kita cari sebelumnya tidak tercapai, terus kita tidak bahagia. Misal kita dibohongi seseorang yang kita cintai, ternyata dia berbohong dan telah melakukan apa yang kita benci. Tentu selama hidup kita selama bersama kekasih kita akan dibayangi kebohongan itu, hidup dengan kebohongan itu menyakitkan. Mungkin bisa jadi kita tidak bahagia, tapi kita lebih memilih bersyukur. Dengan begitu, kekuatan syukur ini akan membuat kita kuat… syukurlah sebenarnya sumber kekuatan hati, bukan bahagia.

Nah mungkin saja kita belum merasakan bahagia, tapi bersyukur lebih mendamaikan. Bukankah Tuhan juga memerintahkan kita untuk bersyukur, bukan bahagia? Harapanya jika kita bersyukur, Tuhan akan memberikan lebih kepada kita. Mungkin saja kita tidak bahagia dengan siapa kita hidup saat ini. Tapi dengan syukur, Allah sudah menjanjikan kebahagiaan yang hakiki di akhirat kelak.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan tinggalkan komentar anda, bila tidak memiliki akun, bisa menggunakan anonim...