9 November 2017

Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK)


TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) adalah sebuah framework (kerangka kerja) dalam mendesain model pembelajaran baru dengan menggabungkan tiga aspek utama yaitu teknologi, pedagogi dan konten/materi pengetahuan (Mishra dan Koehler, 2006).
Kemajuan teknologi informasi yang sedemikian pesatnya, adalah sebuah keniscayaan bahwa guru harus menguasai teknologi untuk kemudian digunakan sebagai media pendukung dalam kegiatan pembelajaran. 

Selain penggunaan teknologi sebagai media belajar, dalam framework TPACK, pedagogi adalah aspek penting yang perlu diperhatikan dalam kegiatan pembelajaran.  Pedagogi bukan saja bagaimana mengembangkan seni-seni dalam mengajar,  atau mendesain kelengkapan instrumen-instrumen proses dan penilaian dalam pembelajaran, namun dituntut juga memahami siswa secara psikologis dan biologis. Dalam pemikiran secara pedagogis ini akhirnya ada sebuah penekanan, bahwa guru yang berhasil bukanlah guru yang hanya bisa menjadikan siswanya pintar seperti dirinya, namun lebih dari itu yakni berhasil membantu siswa dalam menemukan dirinya sendiri.  Minat, bakat serta karakter peserta didik akhirnya harus dipahami oleh seorang guru.


Contoh penerapan TPACK di dalam pembelajaran Kimia


Standard Kompetensi
:
Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia
Kompetensi Dasar
:
Menganalisis  teori jumlah pasangan elektron  di sekitar inti atom (Teori Domain Elektron) untuk menentukan bentuk molekul
Indikator
:
3.6.2 Menentukan kepolaran senyawa kovalen berdasarkan struktur Lewis
3.6.3 Menganalisis kepolaran senyawa kovalen berdasarkan geometri molekul
3.7.1 Menentukan geometri elektron dan bentuk molekul
Tujuan Pembelajaran
:
Siswa diharapkan mampu menentukan kepolaran berdasar struktur Lewis dan berdasar geometri molekul.
Siswa diharapkan mampu menentukan geometri electron dan bentuk molekul.
Metode Pembelajaran
:
Problem Based Learning Dengan memanfaatkan Program Chemsket



Dimensi Pengetahuan
isi
Pedagogi Pembelajaran siswa
Tekhnologi
Deklaratif
Menentukan geometri molekul berdasarkan struktur Lewis

Siswa dapat menentukan geometri berdasar struktur lewis
Internet untuk mencari referensi geometri molekul
Prosedur
Menentukan struktur geometri dengan bantuan software chemsket
Siswa dapat menentukan struktur geometri dengan chemsket secara praktikum langsung dengan menggunakan virtual Lab
Menggunakan virtual lab memanfaatkan software chemsket
Skematik
Menjelaskan efek dari kepolaran senyawa, mengetahui adanya gaya antar molekul diantara senyawa polar dan non polar
Menentukan efek kepolaran dengan chemsket, dengan menggali data beda elektronegatifitas dan dan sudut ikatan dari molekul tersebut
Virtual Lab dan Chemsket
Strategi
Penentuan kepolaran berdasarkan struktur Lewis dan Geometri
Mencoba beberapa senyawa untuk dicobakan pada software chemsket, sehingga siswa mampu membedakan geomtri dan kepolaran
Virtual Lab
Chemsket

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan tinggalkan komentar anda, bila tidak memiliki akun, bisa menggunakan anonim...