TPACK (Technological,
Pedagogical, Content Knowledge) adalah sebuah framework (kerangka kerja) dalam
mendesain model pembelajaran baru dengan menggabungkan tiga aspek utama yaitu
teknologi, pedagogi dan konten/materi pengetahuan (Mishra dan Koehler, 2006).
Kemajuan teknologi
informasi yang sedemikian pesatnya, adalah sebuah keniscayaan bahwa guru harus
menguasai teknologi untuk kemudian digunakan sebagai media pendukung dalam
kegiatan pembelajaran.
Selain penggunaan
teknologi sebagai media belajar, dalam framework TPACK, pedagogi adalah aspek
penting yang perlu diperhatikan dalam kegiatan pembelajaran. Pedagogi bukan saja bagaimana mengembangkan
seni-seni dalam mengajar, atau mendesain
kelengkapan instrumen-instrumen proses dan penilaian dalam pembelajaran, namun
dituntut juga memahami siswa secara psikologis dan biologis. Dalam pemikiran
secara pedagogis ini akhirnya ada sebuah penekanan, bahwa guru yang berhasil
bukanlah guru yang hanya bisa menjadikan siswanya pintar seperti dirinya, namun
lebih dari itu yakni berhasil membantu siswa dalam menemukan dirinya
sendiri. Minat, bakat serta karakter
peserta didik akhirnya harus dipahami oleh seorang guru.
Contoh penerapan TPACK di dalam pembelajaran Kimia
Standard Kompetensi
|
:
|
Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik
unsur, dan ikatan kimia
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Menganalisis
teori jumlah pasangan elektron
di sekitar inti atom (Teori Domain Elektron) untuk menentukan bentuk
molekul
|
Indikator
|
:
|
3.6.2 Menentukan kepolaran senyawa kovalen
berdasarkan struktur Lewis
3.6.3 Menganalisis kepolaran senyawa kovalen
berdasarkan geometri molekul
3.7.1 Menentukan geometri elektron dan bentuk
molekul
|
Tujuan Pembelajaran
|
:
|
Siswa diharapkan mampu menentukan kepolaran
berdasar struktur Lewis dan berdasar geometri molekul.
Siswa diharapkan mampu menentukan geometri
electron dan bentuk molekul.
|
Metode Pembelajaran
|
:
|
Problem Based Learning Dengan memanfaatkan
Program Chemsket
|
Dimensi
Pengetahuan
|
isi
|
Pedagogi
Pembelajaran siswa
|
Tekhnologi
|
Deklaratif
|
Menentukan geometri molekul berdasarkan struktur
Lewis
|
Siswa dapat menentukan geometri berdasar struktur
lewis
|
Internet untuk mencari referensi geometri molekul
|
Prosedur
|
Menentukan struktur geometri dengan bantuan
software chemsket
|
Siswa dapat menentukan struktur geometri dengan
chemsket secara praktikum langsung dengan menggunakan virtual Lab
|
Menggunakan virtual lab memanfaatkan software
chemsket
|
Skematik
|
Menjelaskan efek dari kepolaran senyawa,
mengetahui adanya gaya antar molekul diantara senyawa polar dan non polar
|
Menentukan efek kepolaran dengan chemsket, dengan
menggali data beda elektronegatifitas dan dan sudut ikatan dari molekul
tersebut
|
Virtual Lab dan Chemsket
|
Strategi
|
Penentuan kepolaran berdasarkan struktur Lewis
dan Geometri
|
Mencoba beberapa senyawa untuk dicobakan pada
software chemsket, sehingga siswa mampu membedakan geomtri dan kepolaran
|
Virtual Lab
Chemsket
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silakan tinggalkan komentar anda, bila tidak memiliki akun, bisa menggunakan anonim...